Senin, 08 Juni 2009

BOLA

( ALAT PERAGA SRIKAYA )
Terinspirasi dari sebuah bola sepak yang dipergunakan siswa, penulis mula-mula merancang model bola tersebut dari karton yang tersusun dari 20 segienam beraturan dan 12 segilima beraturan dengan panjang sisi segilima maupun segienam adalah sama. Adapun jaring-jaringnya seperti pada gambar berikut.

Selanjutnya denganmenghitung panjangjari-jari model bola darisalah satu titik pojoksegienam beraturandapat dibuat model bola yang terdiri dari 20 limas segienamberaturan dan 12 limassegilima beraturanseperti pada gambarberikut.













Adapun perhitungan menemukan jari-jari bola adalah sebagai berikut.

Pada model terdapat segisepuluh beraturan yang kelilingnya mendekati keliling lingkaran dengan jari-jari sama dengan jari-jari bola.

Perhatikan gambar segisepuluh beraturan berikut.

A adalah titik pusat lingkaran luarnya dan CD adalah garis bagi . Panjang jari-jari lingkaran luar adalah r, panjang sisi segisepuluh beraturan adalah x.












Dari keadaan-keadaan di atas diperoleh

AD = DC = BC = x

BD = r – x



















Perhatikan pula gambar berikut







Jika panjang sisi segienam y maka dengan menggunakan sifat dua garis sejajar dipotong garis ketiga diperoleh













Selanjutnya dengan memperhatikan gambar berikut diperoleh



















Jadi untuk membuat model bola dengan jaring-jaring limas beraturan bersisi 4 cm

y = 4

maka panjang rusuk tegak limas adalah


atau kira-kira 9,912 cm.


Adapun jaring-jaring limas segienam dan limas segilima adalah sebagai berikut.



Dengan membuat 20 limas segienam dan 12 limas segilima, serta merangkainya terciptalah model luas sisi bola.

Dalam pembelajaran, penggunaan model untuk menurunkan rumus luas sisi bola dari rumus volum bola dan rumus volum limas yang sudah diketahui, disajikan sebagai berikut.

Mula-mula model bola diurai sehingga menjadi beberapa limas segilima dan beberapa limas segienam seperti pada gambar berikut.



Gambar model bola sedang diurai







Gambar model yang sudah terurai







Dengan mengurai tersebut diperoleh bahwa jumlah volum limas sama dengan volum model bola.











Padahal jaring-jaring sisi model bola seperti pada gambar berikut merupakan alas-alas limas dan keseluruhannya membentuk sisi model bola sehingga diperoleh











Dengan mengasumsikan dibuat model bola yang terbentuk dari limas-limas yang sangat banyak dan luas sisi limas sangat kecil maka didapat bahwa tinggi limas yang terjadi akan mendekati jari-jari bola , sehingga

Total Tayangan Halaman

Profil

Foto Saya
RUMADI S.Pd
SURABAYA, SURABAYA/JAWA TIMUR, Indonesia
Guru SMPN 20 Surabaya
Lihat profil lengkapku

Komentar Pembaca

Pengikut

Nama Melayang

SMS Gratis

Pengunjung

KUDA

KUDA




ISTRI DAN ANAK

ISTRI DAN ANAK
KELUARGAKU ADALAH SURGAKU ( dengan perprinsip demikian dalam lingkungan masyarat lingkup keluarga paling kecil, jika kita berprinsip tersebut maka kihudupan kita akan bahagia dunia dan akhirat amiin yaa robbal alamiin

RUMADI, S.Pd.

RUMADI, S.Pd.

RUMADI,S.Pd.

RUMADI,S.Pd.
SALAM METAL UNTUK ANAK - ANAK YANG KREATIF DAN INOVATIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA YANG BERBASIS I.T DI SMPN 20 SURABAYA

OKE ( JEMPOLAN )

OKE ( JEMPOLAN )
BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN I.T UNTUK MENAMBAH KREATIVITAS DAN PSIKOMOTOR SISWA SEMAKIN JEMPOL ( OKE )

Lencana Facebook

JERAPAH

JERAPAH

ZEBRA

ZEBRA

Menu Kami

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Cari Blog Ini